Daftar Isi Seserahan Nikah Yang Harus Kamu Siapkan



Pada acara pernikahan atau lamaran lazimnya ada prosesi pemberian hantaran seserahan pernikahan. Budaya yang telah lama dikerjakan sejak dahulu ini menjadi prosesi harus dalam tiap acara pernikahan.

Apa saja isi seserahannya?

Untuk soal isi seserahan mungkin masih banyak yang linglung sebenarnya apa saja sih isi seserahan pernikahan dan apa saja item- item yang perlu dipersiapkan.

Yaudah lantas aja Sputnik kasih tau apa saja hakekatnya isi seserahan pernikahan yang biasanya dibawa sebagai hantaran dari keluarga pria untuk sang wanita sebagai simbol bekal untuk kehidupan kelak sang wanita.

Kelengkapan Shalat / Ibadah

Sebagai bekal untuk sang wanita supaya menjadi pendamping dan istri yang sholehah, maka sang pria lazimnya senantiasa menyiapkan hantaran peralatan ibadah ini. Sebagai wujud dan simbol tuntunannya kelak terhadap sang istri. Untuk isinya diawali dari Mukena, sajadah, dan Al – Quran / Kitab suci.

Kelengkapan Mandi

Umumnya untuk perlengkapan mandi ini diawali dari sabun, shampo, handuk, shower puff, produk perawatan tubuh, dan bebauan.

Pakaian Dalam

Pakaian dalam juga menjadi isi seserahan pernikahan yang perlu disiapkan nih. Untuk isinya mulai dari satu set underwear, lingerie dan juga baju tidur. Tapi untuk urusan membelinya lazimnya sang wanita telah memilihkan barang – barangnya dan diserahkan kepada sang pria untuk dihias ke dalam kotak seserahan supaya lebih indah.

Perlengkapan Makeup

Nah untuk kelengkapan yang satu ini lazimnya sang wanita betul-betul concern nih, jadi biarkan para wanita yang memilihnya. Sebab kecuali itemnya lumayan banyak dan belum tentu pria mengerti, lazimnya para wanita mempunyai brand khusus yang berbeda – beda untuk tiap-tiap produk kosmetika yang diaplikasikan. Jadi para pria sebaiknya kalian duduk manis saja untuk menyiapkan items yang satu ini.

Perhiasan

Seserahan pernikahan berupa Perhiasan ini memiliki makna bercahaya dan penuh keinginan. Akan melainkan untuk perhiasan menjadi seserahan yang bisa disepakati bersama pantas dengan budget kalian . Sekiranya sang wanita mengharapkan, dan pihak pria dapat menyanggupi maka hantaran perhiasan dapat menjadi isi seserahan pernikahan yang akan diberi.

Kelengkapan Pesta

Kelengkapan pesta ini berjenis-jenis – jenis isinya. Mulai dari kebaya da kain, heels, tas, dress, sampai jam tanggan.

Makanan & Buah-buahan

Sebagai bentuk hantaran ngga lengkap rasanya tanpa ada makanan dan buah – buahan. Untuk sebagian adat istiadat kebiasaan umpamanya betawi mesti menyiapkan roti buaya dan juga ada beberapa tradisi yang membawa makanan manis agar garapan kehidupan calon pengantin kelak selalu manis.

Berapa kotak seserahan pernikahan yang perlu disiapkan?

Untuk jumlah kotak seserahan sebenarnya ngga ada ketentuan semestinya. Semuanya dapat disesuaikan oleh kesepakatan bersama. Akan tetapi ada sebagian budaya seperti Jawa yang biasanya memberikan kotak seserahan berjumlah ganjil (5, 7, 9, 11 )

Isi seserahan pernikahan ini sesungguhnya ngga ada item semestinya banget yang patut sama. Balik lagi segala isi seserahan pernikahan di dalamnya disesuaikan dengan budget kalian juga. Seserahan yang menjadi hantaran dari pihak pria ini lazimnya berisi barang-barang keperluan sang calon pengantin wanita, yang nantinya akan digunakan oleh sang wanita. Jadi dapat dibilang isi barang- barang seserahan pernikahan ini simbol bekal dikehidupan bagi sang wanita kelak.

Oh iya, seserahan pernikahan bukan cuma untuk wanita loh, tapi ada juga isi seserahan pernikahan pria yang biasanya menjadi prosesi simbolik tukar seserahan antar keluarga.

Untuk isi seserahan pria biasanya lebih sederhana dan tak sebanyak isi seserahan wanita. Isi seserahan pria mulai dari parfum, dompet, pakaian kerja / formal, jan tangan, hingga sepatu. Tergantung sang wanita mau memberikan apa saja karena sesungguhnya isi seserahan untuk pria tidak semestinya.


Baca Artikel Terkait Tentang Daftar Barang Seserahan Lamaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *